RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD Negeri Suka Maju Semarang
Kelas / Semester : I / II
Tema 8 :
Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (1 hari)
A. Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang di anutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disipli, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati(mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang di jumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berahlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
Bahasa
Indonesia
1.2
Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha
Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam
sekitar
3.1 Mengenal teks diskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindera, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dngan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan panca , wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang
dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi peristiwa siang dan malam
(cuaca cerah dan hujan) secara lisan
4.1.1 Mengkelompokkan kosakata tentang peristiwa
siang dan malam (cuaca hujan dan cuaca cerah)
Matematika
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan
dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan
3.1 Membaca pola bilangan
Indikator
3.1.1 Melengkapi pola bilangan dengan benar
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
membaca puisi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri cuaca cerah dengan tepat
2. Dengan
membaca puisi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri cuaca hujan dengan tepat
3. Setelah
melakukan permainan, siswa dapat mengelompokkan kosakata yang berkaitan dengan
cuaca cerah dengan benar
4. Setelah
melakukan permainan, siswa dapat mengelompokkan kosakata yang berkaitan dengan
cuaca hujan dengan benar
5. Dengan
berhitung, siswa dapat membaca pola bilangan dengan benar
6. Setelah
melanjutkan pola bilangan,siswa dapat melengkapi pola bilangan dengan benar
D. Materi
Ajar
1. Buku
siswa halaman 2-7 (terlampir)
E. Pendekatan
dan Metode
Pendekatan : Scientifik
Strategi :
Cooperative Learning
Tehnik : Example non Example
Metode :
Ceramah, tanya jawab, diskusi dan tugas
F. Media
Pembelajaran
1. Buku Siswa
2. Cerita pendek
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali
KBM dengan berdoa, dilanjutkan dengan presensi (sikap spiritual dan sosial)
2.
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
3.
Apersepsi : mengaitkan materi sebelumnya dengan
kegiatan sehari-hari
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Langkah –langkah kegiatan bagian satu :
1.
Siswa bersama guru bernyanyi lagu Tik-Tik Bunyi
Hujan ciptaan Ibu Sud
2.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cuaca
3.
Setiap kelompok di minta maju ke depan kelas untuk
menceritkan hasil diskusinya mengenai ciri-ciri cuaca cerah dan cuaca hujan
4.
Siswa di ajak bermain menebak kata mengenai cuaca
cerah dan cuaca hujan
5.
Guru menyiapkan 4 lingkaran yang di buat di
halaman sekolah. Keempat lingkaran tersebut di buat bersebrangan. Dua
lingkaran masing-masing bertuliskan hujan dan cerah. Sementara dua lingkaran
di seberangnya masing-masing berisi 10 kartu dengan warna berbeda (merah dan
biru) setiap kartu bertuliskan 1 kata yang berhubungan dengan cuaca cerah dan
cuaca hujan (misalkan basah, hangat, langit terang, angin sepoi, angin
kencang, gelap hujan, dingin, dan lain-lain) . (mengamati)
6.
Setiap kelompok di minta menentukan urutan pemain
pertama, kedua dan seterusnya. (menalar)
7.
Pemain pertama dari kelompok pertma dan kelompok
kedua akan mengambil satu kartu kata dan berlari ke lingkaran di seberangnya
serta meletakkan kartu kata tersebut sesuai dengan cuaca yang cocok (misalkan
meletakkan kartu kata basah di lingkaran hujan). (mencoba)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua :
1.
Kegitan di awali dengan menjawab pertanyaan guru
(mengamati)
2.
Bagaimana perasaanmu saat cuaca cerah? (menanya)
3.
Apa yang kamu lakukan saat malam cerah? (menanya)
4.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cuaca
cerah di siang hari dan di malam hari (mengamati)
5.
Siswa di minta membaca dua paragraf cerita pendek
tentang cuaca cerah di siang hari dan cuaca cerah di malam hari yang ada pada
buku siswa (mengkomunikasikan)
6.
Siswa menuliskan perbedaan dari kedua paragraf
tersebut di buku siswa (menalar)
7.
Siswa di minta mengamati pola bilangan dalam
bentuk gambar.siswa menghitung dan melengkapi pola bilangan
(mengkomunikasikan)
8.
Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa pola
bilangan dapat di lengkapi dengan cara melakukan penjmlahan bilangan dua
9.
Siswa dan guru menutup kegiatan dengan rasa syukur
atas karunia Tuhan. Cuaca cerah dan cuaca hujan adalah karunia Tuhan
|
155menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada pertemuan hari ini. (mengkomunikasikan)
2.
Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti
(mengkomunikasikan)
3.
Guru melakukan evaluasi tes tertulis dan melakukan
penilaian
4.
Memberi penguatan dan refleksi
5.
Berdoa bersama setelah pelajaran selesai.
(mengamati)
|
10 menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap : toleransi,
tekun, dan teliti
b. Penilaian
Pengetahuan :
c. Penilaian
Keterampilan :
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
a.
Lembar
Penilaian
b.
Sikap
No.
|
Nama
|
Sikap
|
|||||||||||
Toleransi
|
Tekun
|
Teliti
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
Keterangan:
1.Tidak
pernah ditunjukkan; 2. Kadang-kadang ditunjukkan; 3. Sering ditunjukkan; 4.
Selalu ditunjukkan
Berilah
tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.
b.
Lembar
Penilaian Pengetahuan
1.
Daftar
periksa peristiwa siang dan malam (cuaca cerah dan hujan) (Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
2.
Daftar
periksa melengkapi pola bilangan (Matematika)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup
|
Berlatih Lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang
berbicara
(3)
|
Mendengarkan teman yang berbicara namun
sesekali masih perlu diingatkan
(2)
|
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan
teman yang sedang berbicara
(1)
|
Komunikasi non verbal (kontak mata,bahasa tubuh, ekspresi wajah,
suara)
|
Merespons dan menapkan komunikasi non verbal
dengan tepat
(3)
|
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi
non verbal yang ditunjukkan teman
(2)
|
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk
komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
(1)
|
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
|
Isi gagasan menginspirasi teman. Selalu
mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. Merespon sesuai topik
(3)
|
Merespon sesuai topik.
Isi gagasan kurang menginspirasi teman
(2)
|
Jarang berbicara selama proses diskusi
berlangsung.
(1)
|
Keruntutan berbicara
|
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari
awal hingga akhir.
(3)
|
Menyampaikan pendapatnya secara runtut,
tetapi belum konsisten.
(2)
|
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara
runtut.
(1)
|
Catatan
: centang (√)
pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : Total
nilai x 10 contoh
: 2 + 3 + 1 + 2 x 10 = 8 x 10 = 6,7
12 12 12
Mengetahui, Semarang,28 Juni 2016
Kepala
Sekolah Guru Kelas 1
NIM. Npm. 14120185
Tidak ada komentar:
Posting Komentar